Kamis, 25 Maret 2010

Metode Mendidik Anak Mahir Berbahasa Asing

Metode Mendidik Anak Mahir Berbahasa Asing

1. Jangan Mengandalkan Kurikulum Sekolah. Setiap sekolah mengajarkan mata pelajaran bahasa inggris bagi murid-muridnya.Bahkan kini, sejak sekolah dasar, para murid sudah mendapatkan pelajaran ini. Namun, jangan menyerahkan semuanya pada guru sekolah. Mata pelajaran bahasa inggris di sekolah biasanya mengajarkan hal-hal dasar, dan kurang pelajaran praktik. Mengikutkan anak Anda pada kursus bahasa inggris akan mendidik mereka untuk lebih detil lagi tentang bahasa ini, tak hanya percakapan, namunjuga menambah vocabulary mereka.

2. Pilihlah Guru Yang Terbaik. Banyak guru bahasa inggris menawarkan jasa melatih bahasa inggris, baik untuk anak maupun dewasa. Namun bila ingin mendapatkan hasil yang terbaik untuk Anda, pilih guru bahasa inggris yang terbaik pula. Akan lebih baik lagi apabila, pengajarnya adalah pengajar asing (native speaker), hal ini akan membiasakan mereka berkomunikasi dengan orang luar negeri dengan logat asli mereka.

3. Buat Belajar Lebih Menyenangkan. Anak yang sudah beranjak dewasa biasanya mudah bosan dalam mempelajari hal baru, termasuk bwlajar bahasa keduanya. Jadi, Anda harus bisa membuat suasana belajar tersebut menjadi lebih menyenangkan. Kini, banyak lembaga bahasa inggris yang menawarkan berbagai program menarik bagi calon siswa siswinya. Salah satu sekolah Bahasa Inggris terbaik di duani yang hadir di Indonesia adalah Wall Street Institute.

4. Bantu Di Rumah. Bila Anda ingin keluarga Anda lancar berbahasa inggris, maka biasakanlah bercakap-cakap dengan keluarga Anda di rumah menggunakan bahasa ini sebagai selingan. Tak perlu mengubah bahasa sehari-hari Anda, namun cukup beberapa ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dalam bahasa inggris yang menurut Anda menarik perhatian mereka. Dengan begitu mereka akan mendengarkan lebih cermat dan memahami artinya, sehingga terbiasa menggunakannya di kemudian hari.

5. Jangan Lupa Akar. Kebanyakan remaja yang telah mahir berbahasa inggris sering melupakan bahasa asal mereka -dalam hal ini bahasa Indonesia. Ini adalah kesalahan kebanyakan orang tua. Anda sebagai orang tua wajib mengingatkan anak Anda bahwa Anda tidak boleh meninggalkan bahasa negara mereka. Jika anak Anda telah mahis berbahasa inggris, kebiasaan mendidik mereka berbahas inggris di rumah harus dihilangkan, dan gantilah dengan komunikasi dengan bahasa Indonesia. Lalu, perhatikan bacaan yang mereka baca, seperti majalah atau koran

sumber : http://tipsanda.com/2009/06/21/tips-terbaik-mendidik-anak-mahir-berbahasa-asing/

Tidak ada komentar: